Jumat, 05 Juli 2013

  • Persiapan Menyambut Ramadhan


    Dalam menyambut Bulan Ramadhan kita disunnahkan melakukan beberapa hal, sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam diantaranya :

    1. Memperbanyak doa
    Rasulullah SAW berdoa, "Ya Allah berkahilah kami dalam bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan." "Ya Allah bulan Ramadhan telah menaungi kami dan telah hadir, serahkanlah ia pada kami dan serahkanlah kami padanya, karunikanlah kami kesanggupan untuk berpuasa, dan menegakkan malam-malamnya. Dan karuniakanlah kami kesungguhan kekuatan dan semangat serta jauhkanlah kami dari fitnah di dalamnya." "Ya Allah sampaikanlah kami pada Ramadhan dengan aman, keimanan, keselamatan, Islam, kesehatan dan terhindar dari penyakit serta bantulah kami untuk melaksanakan shalat, puasa dan tilawah al-Quran padanya.” (HR. Ahmad dan Thabrani)

    2. Memperbanyak puasa di bulan Sya’ban
    Seperti yang dilakukan oleh Rasulullah saw dalam hadis Bukhari-Muslim, Aisyah ra. berkata : Tidaklah aku lihat Rasul menyempurnakan puasanya sebulan penuh kecuali pada Ramadhan dan tidak juga aku lihat beliau memperbanyak puasa sunnatnya kecuali di bulan Sya’ban”.

    3. Memperbanyak tilawah Quran
    Sebagaimana yang diungkapkan Anas bin Malik bahwa para sahabat jika memasuki bulan Sya’ban, mereka segera mengambil mushaf dan membacanya.

    4. Segera membayar hutang puasa
    Bagi yang masih memiliki hutang puasa, hendaknya segera untuk membayarnya, karena waktu semakin mendekati ramadhan. Jangan sampai kita merugi karena masih memiliki hutang.
    Persiapan Menjelang Ramadhan

    5. Saling maaf memaafkan
    Sebelum Ramadhan datang hendakhnya sesama muslim saling maaf memaafkan, sehingga dalam memasuki Ramadhan dosa kita dengan sesama sudah terhapuskan sehingga pada bulan Ramadhan hanya menyelesaikan dosa kepada Allah Ta’ala saja, dan pada saat hari raya Idul Fitri tiba, kita benar-benar berada dalam keadaan fitrah.

    6. Mengkaji fiqih shaum
    Beramal hendaknya dilandasi dengan ilmu dan sesuai dengan contoh Rasulullah saw., sehingga ibadah yang dilakukan diterima sebagai amalan sohiha, dan bukan amalan yang ditolak. Khususnya menjelang Ramadhan ini hendaknya kita bersiap mengkaji fiqih yang terkait dengan ibadah Ramadhan, sehingga pelaksanaannya berjalan dengan baik berdasarkan pemahaman yang benar.

    7. Mengisi Ramadhan dengan amal soleh
    Setelah memasuki bulan Ramadhan nanti, hendaknya kita menghidupkannya dengan berbagai aktivitas yang dapat mendekatkan diri kepada Allah. Bulan yang penuh berkah, rahmat dan ampunan ini hendaknya diisi dengan memperbanyak ibadah kepada Allah SWT, memperpanjang ruku’, sujud, shalat tarawih, bermunajat kepada Allah, memperbanyak sholat sunnah, senantiasa berzikir, tilawah dan tadabbur Al-Qur’an. Sedangkan pada akhir Ramadhan, mari isi dengan I’itikaf pada sepuluh hari terakhirnya, mengurangi waktu tidur pada siang hari, melaksanakan tahajut pada sepertiga malamnya, semoga Lailatul Qodrnya dapat kita raih. Amin ya Rabbal alamin.

  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Copyright @ 2013 Buletin Jum'at Ar-Risalah.

    Designed by Templateism