Rabu, 04 September 2013

  • Menjadi Hamba yang Pema’af

    Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman,
    خُذِ الْعَفْوَ وَأْمُرْ بِالْعُرْفِ وَأَعْرِضْ عَنِ الْجَاهِلِينَ
    yang artinya : ''Jadilah engkau pemaaf dan serulah (manusia) mengerjakan yang makruf (baik) dan berpalinglah dari orang-orang yang bodoh.'' (QS Al-A'raf [7] : 199).

    Ketika turun ayat tersebut, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bertanya kepada Malaikat Jibril, ''Apakah maksud ayat ini, wahai Jibril ?'' Jibril menjawab, ''Sesungguhnya Allah menyuruhmu memaafkan orang yang telah mendzalimimu dan bersilaturahim terhadap orang yang memutuskan hubungan denganmu.''

    Menanggapi ayat tersebut, Ibnu Jarir berkata, ''Allah menyuruh Nabi-Nya supaya menganjurkan segala kebaikan, amal, dan ketha’atan. Di samping itu, juga agar menanggung tantangan orang-orang yang tidak memahami hukum Allah dengan penuh kesabaran dan lapang dada".

    Kata maaf berasal dari al-afwu yang artinya sikap memberi ampun terhadap kesalahan orang lain tanpa ada rasa benci, sakit hati, atau balas dendam.

    Allah sendiri menyebut dirinya sebagai Afuwwun yang artinya Maha Pemaaf. Sebagaimana Firman-Nya:
    إِن تُبْدُوا خَيْرًا أَوْ تُخْفُوهُ أَوْ تَعْفُوا عَن سُوءٍ فَإِنَّ اللَّهَ كَانَ عَفُوًّا قَدِيرًا
    Artinya : ''Jika kamu melahirkan sesuatu kebaikan atau menyembunyikan atau memaafkan sesuatu kesalahan orang lain, maka sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Mahakuasa.'' (QS An-Nisa [4]: 149).

    Sifat pemaaf ini dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dalam kehidupan bermasyarakat. Rasulullah tidak pernah membalas orang lain yang menyakitinya, selama tidak menyinggung masalah agama Islam.

    Namun, apabila melecehkan kehormatan Islam dan yang berhubungan dengan hak-hak Allah, beliau tidak memberi maaf. Sebab, pemaafan dalam hal ini berarti pelecehan terhadap hak-hak Allah.

    Pernah suatu ketika dalam Perang Khaibar, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam disuguhi kambing bakar yang telah diberi racun oleh Zainab binti Harits, istri Salam bin Misykam, salah seorang pemuka Yahudi.

    Kemudian, beliau mengambil sedikit daging paha kambing itu dan mengunyahnya. Tetapi, beliau tidak menyukainya, lalu dimuntahkan apa yang telah beliau kunyah. Sedangkan Bisyr bin Barra yang makan daging kambing itu, tidak berapa lama kemudian meninggal.

    Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam berkata, ''Sesungguhnya tulang ini memberi tahu kepadaku bahwa dirinya telah diberi racun.''

    Lalu, dipanggillah Zainab dan ditanya atas perbuatannya, dan mengakui perbuatannya. Walau pun Zainab telah berniat jahat akan membunuh Rasul, namun beliau sanggup memaafkannya karena kelapangan hatinya.

    Bukan hanya itu, karena sudah terlalu sering Rasul disakiti oleh masyarakat jahiliyah, para sahabatnya mengadu agar nabinya yang mulia segera berdoa supaya musuh-musuh yang di hadapannya langsung diazab Allah. Bahkan, malaikat pun menawarkan dirinya untuk mengangkat sebuah gunung agar ditimpakan kepada kaum yang mendustakan Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

    Tetapi, jawab Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, ''Aku diutus bukan untuk melaknati, tetai aku diutus sebagai dai dan pembawa rahmat. Ya Allah! Berilah petunjuk kepada kaumku. Sesungguhnya mereka tidak mengerti.''

    Takhtim

    Dalil ini pula yang melarang setiap muslim mudah mengumbar ucapan laknat kepada orang-orang kafir yang masih hidup apalagi kepada saudaranya sesama muslim. Sebagaimana Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam tidak melaknat mereka, melainkan mendoakan orang-orang yang jelas kekafirannya dan memusuhi beliau agar Allah memberi petunjuknya. Karena kita tidak pernah tahu, jika Allah Ta’ala dengan kasih sayangnya kemudian hari memberinya hidayah dan memasukkannya kedalam Islam.

    Dalil yang lain menyebutkan, Abu Huroirah -rodliallohu anhu- mengatakan: (Suatu hari) At-Thufail dan para sahabatnya datang, mereka mengatakan: “ya Rosululloh, Kabilah Daus benar-benar telah kufur dan menolak (dakwah Islam), maka doakanlah keburukan untuk mereka! Maka ada yg mengatakan: “Mampuslah kabilah Daus”. Lalu beliau mengatakan: “Ya Allah, berikanlah hidayah kepada Kabilah Daus, dan datangkanlah mereka (kepadaku). (HR. Bukhori 2937 dan Muslim 2524, dengan redaksi dari Imam Muslim)

    Dengan ketarangan di atas, semoga Allah menjadikan jiwa-jiwa kita menjadi hamba-hamba pemaaf yang senantiasa menjaga lisan-lisannya. Aamiin yaa robbal ‘aalamiin. (An/aft)

    Wallahu A’lam bis Shawwab.
    Oleh: Ust. Ali Farhan Tsani

  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Copyright @ 2013 Buletin Jum'at Ar-Risalah.

    Designed by Templateism